Kamis, 24 November 2011

POTENSI WISATA LEBONG”


Oleh : SUPRIHATIN DAN SATRIA AGENG PRASETYO
Mahasiswa SOSIAL EKONOMI PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BENGKULU

I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Indonesia sebagai negara tropis memiliki banyak sumber daya alam yang sangat banyak, contohnya hutan dan air. Akan tetapi kekayaan tersebut tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Kebanyakan masyarakat hanya dapat memanfaatkan sumber daya alam sebatas keperluan hidup saja tanpa memiliki nilai tambah lebih sebagai investasi jangka panjang.
Salah satu sumber daya alam yang memiliki prospek baik untuk di kembangkan adalah wisata danau, dan perlu peran aktif dari pemerintah serta masyarakat sekitarnya agar potensi sumber daya alam tersebut dapat di manfaatkan semaksimal mungkin serta dapat menambah pendapatan daerah dan masyarakat.

            Sangat beruntung bagi kabupaten Lebong yang dibentuk berdasarkan UU No 39 tahun 2003 itu mempunyai potensi alam yang sangat refresemtatif untuk dikembang-bangunkan berbagai obyek wisata alam. Apalagi, dari 192.424 ha luas wilayah, 134.834,55 ha merupakan kawasan konservasi yang termasuk bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang luasnya mencapai 111.035 ha.
Ditambah lagi wilayah Kabupaten Lebong memiliki hutan lindung seluas 20.777, 40 ha dan hutan cagar alam seluas 3.022,15 ha. Memang secara produktivitas aspek-aspek kegiatan perekonomian mengalami kendala dengan adanya penetapan TNKS oleh SK Menteri Pertanian No 736/Mentan/X/1982 yang didukung oleh SK Menteri Pertanian dan Perkebunan RI No 901/kpts-II/1999 sebagai kawasan konservasi dan kawasan hutan lindung Rimbo Pengadang Register 42.  Sejarah penetapan kawasan hutan lindung yang mencakup wilayah Kabupaten Lebong itu dimulai pada zaman Pemerintahan Kolonial Belanda sekitar tahun 1927 yang dikenal sebagai kawasan hutan Boven Lais atau disebut juga sebagai hutan batas Boswezen (BW).


  II. POTENSI  WISATA LEBONG
Kabupaten Lebong dapat dikembangkan melalui pembangunan obyek wisata alam yang sangat besar pengaruhnya terhadap Pendapatan Asli Daerah itu. Sayangnya, hingga sekarang Pemkab Lebong belum membuat proposal tentang potensi obyek wisata daerah itu secara baik. Beberapa obyek wisata di Lebong yang dapat dikembangkan, memungkinan terjadi percepatan proses peningkatan kesejahteraan masyarakat daerah itu.
Di Kabupaten Lebong juga terdapat beberapa Obyek Wisata Air yang dapat dikunjungi oleh para Wisatawan, antara lain adalah :
1.      Wisata Danau Tes
Danau tes merupakan sebuah Pusat Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Bengkulu. Objek wisata Danau tes ekstensif adalah sekitar 750 Ha, Terletak di Kota Donok Desa, jarak tempuh adalah 25 km dari Muara Aman Kota, Kabupaten Lebong. Bisa ditempuh oleh masyarakat, Sewa Mobil transportasi atau sepeda motor.
Dalam Tes Danau kita dapat menikmati pemandangan alam yang indah dengan udara yang sejuk, tenang hamparan danau dan pegunungan di sekitar danau. Di sini kita juga dapat menyaksikan aktivitas penduduk desa di sekitar danau yang mayoritas mata pencaharian petani dan nelayan yang sedang melakukan kegiatan seperti pengolahan sawah, memancing dan menangkap ikan di danau.
Jika Anda ingin sesuatu yang sedikit berbeda Anda dapat menyewa perahu dayung (Biduk) yang disewakan untuk berkeliling menyusuri danau sambil menikmati pemandangan indah Danau Tes, tetapi jika Anda adalah perahu dayung agak takut bahwa ukuran agak kecil, jangan khawatir di sini juga ada perahu motor sewa (getek), Anda dapat gunakan untuk mengelilingi danau.
Selain itu anda juga bisa melakukan wisata pendidikan dengan mengunjungi Pusat Pembangkit listrik tenaga air (PLTA), yaitu sekitar 2 km dari danau. disana Anda bisa belajar banyak hal tentang sistem hidroelektrik. Tidak salah  jika Danau Tes menjadi salah satu tujuan Anda jika Anda akan berkunjung ke Bengkulu.
Danau Tes  kini telah mendapat sentuhan Pembangunan, antara lain :
a)    Baru baru ini telah dibangun akses jalan beraspal menuju danau, yang dapat di lalui melalui desa tes atau melalui sipang yang ada di dekat jembatan penghubuang antara desa tes dengan desa kota donok.
b)   Di danau tes telah di bangun Villa dan Penginapan bagi pengunjung serta sarana dan prasarana pendukung lainnya.

c)    Di tepi danau tes juga telah berdiri bangunan “Gardu Pandang” dan di sebelahnya terdapat sebuah tugu besar, yang dapat digunakan sebagai tempat memandang danau tes dari dekat dan sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan acara-acara besar.
2.      Air Terjun Telon Buyuk
Air terjun ini Terletak di Desa Turan Lalang yang berjarak 11 Km dari Ibu Kota Kecamatan dan  24 Km dari Ibu Kota Kabupaten. Obyek wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan umum atau pun pribadi. Air terjun ini terletak pada lereng bukit barisab dengan  ketinggian ± 50 Meter dan  mempunyai keindahan Panorama Alam kesejukan serta memiliki udara yang bersih. Obyek wisata air terjun ini memiliki luas area ± 9, 5 Ha akan tetapi obyek wisata air tejun Telon Buyun ini belum dikembangkan.
3.      Wisata Air Picung
Air Picung merupakan tempat Wisata Danau Alami yang terletak disebelah Utara Kota Muara Aman dengan jarak ± 5 Km, sama halnya dengan tempat Wisata Air Putih, Air Picung belum tersentuh oleh Penataan Pembangunan dan di kelola secara profesional.
4.      Objek Wisata Alam Lobang Kacamata
Terletak di Desa Lebong Tambang yang berada di Kecamatan Lebong Utara yang berjarak ±2 Km dari Pusat Kota. Lobang Kacamata memiliki keunikan tersendiri yang mana terletak di dalam Bukit atau Dinding Bukit yang berbatu yang merupakan hasil dari penggalian orang-orang pada zaman belanda dulu dan sekarang meninggalkan lobang-lobang. Di Lobang kacamata aktifitas penambangan emas masih dapat kita lihat secara langsung.
5.      Air Putih
Air Sungai Putih atraksi yang juga merupakan daya tarik andalan di Kabupaten Lebong. Atraksi yang menarik dalam bentuk air mata air panas alami yang terletak tidak jauh dari desa Air Kopras raya, Lebong Utara Kabupaten, Lebong, Bengkulu, Indonesia. Ada dua mata air dingin dan air panas mengalir ke sungai.
Air Putih adalah wisata air panas yang sangat menarik, terletak ± 10 km sebelah timur dari Muara Aman, di desa Kopras Udara. Sedangkan untuk mencapai lokasi bahwa ada dua jalan alternatif ke area yang tentunya dengan melewati Kabupaten Bengkulu Utara melewati giri mulya yang terdapat perkebunan kopi di sisi jalan.
Alternatif kedua adalah melalui Curup Muara Aman untuk melalui Tes Danau.Wisata ini menawarkan daya tarik air panas yang keluar dari perut bumi, dengan pemandangan alam yang indah bernuansa pedesaan, Lokasi telah membangun gazebo atau tempat penampungan sebagai tempat istirahat.
Air Putih adalah wisata air panas yang sangat menarik, terletak ± 10 km sebelah timur dari Muara Aman City di desa Kopras Udara. Sedangkan untuk mencapai lokasi bahwa ada dua jalan alternatif ke area yang tentunya dengan melewati Kabupaten Bengkulu Utara melewati giri mulya yang terkandung perkebunan kopi di sisi jalan atau Alternatif kedua adalah melalui Curup Muara Aman untuk melalui Tes Danau. terletak tidak jauh dari jalan raya desa Udara Kopras, Lebong Utara Kabupaten, Lebong, Bengkulu, Indonesia
6.      Objek Wisata Air Panas
Di kabupaten Lebong sangat banyak terdapat sumber air panas salah satu yang terkenal dengan pemandian air panasnya adalah pemandian air panas yang terletak didesa Karang Dapo Kecamatan Lebong Selatan ± 54 Km dari Ibu Kota Kabupaten. Pada pemandian air panas ini terdapat kolam-kolam pemandian yang persis berada dipinggir jalan raya dan ada juga yang berupa pancuran yang berada agak jauh dari jalan raya, sering kali masyarakat yang ingin mandi dipemandian air panas ini harus datang lebih pagi karena apabila kesiangan maka jalan raya akan ramai dengan lalu lalang kendaraan. Pemandian air panas ini dapat ditempuh dengan kendaraan dan kita masih dapat melihat keindahan Panorama Alam yang masih asri.
7.      Danau Lupang
Salah satunya lagi obyek wisata menarik yang terdapat di kabupaten Lebong adalah Danau Lupang (dalam bahasa indonesia memar “kebiru-biruan”) warna air danau ini yang menjadi keunikan tersendiri dan lain daripada danau-danau yang lainnya. Danau Lupang ini terletak di Kelurahan Mubai Kecamatan Lebong Selatan, tepatnya terletak di pinggiran jalan menuju lokasi pembangunan pembangkit listrik tenaga pangas bumi (Geothermal). Danau ini berjarak 6 Km dari Ibu Kota Kecamatan,  dengan sarana yang setapak dan mempunyai Panorama Alam yang indah, luas Danau Lupang ± 5 Ha  dan Danau Lupang ini belum tersentuh pengembangan Pembangunan sedikit pun dan masih banyak orang yang belum mengetahui tentang keberadaan danau yang unik ini.
8.      Gunung Belerang
Satu lagi yang inik dari Lebong adalah sebuah perbukitan (gunung) yang memanjang dari timur ke barat yang menjadi keunikan dari gunung ini adalah bekas longsoran lerengnya, longsoran tersebut membentuk seperti gambar hewan. Dari kajauhan longsoran tersebut dapat terlihat dengan jelas. Gunung ini terletak di Kelurahan Mubai berjarak ± 6 Km dari Ibu Kota Kelurahan dan  ± 9 Km dari Ibu Kota Kecamatan mempunyai. Apabila anda adalah seorang petualang pastinya akan sangat rugi bila anda belum mendaki dan menginjakkan kaki anda di gunung ini karena Panorama Alam yan sangat indah dan sangat sayang apabila anda tidak menyaksikannya dengan mata kepala anda sendiri.


9.      Air Terjun Ketenong
Terletak di Desa Ketenong, masih alami dandan akses jalan yang minim. Apabila ingin melihat air terjun ini perlu usaha, tenaga dan semangat yang besar karena medan yang akan dilalui agak terjal dan ekstrem. diperlukan investor untuk pengembangan lebih lanjut agar nantinya dapat mempermudah untuk mengakses obyek wisata ini.
10.  Wisata telaga tujuh warna
Tujuh Warna Tambak adalah kebanggaan obyek wisata di Lebong, bukan hanya karena keunikannya, tetapi juga karena keindahannya. Objek ini dapat diambil sekitar 35 km dari kota Curup arah Muara Aman, tepatnya di daerah desa Sumber Bening, Rimbo Pengadang. Dari persimpangan di Sumber Bening dilanjutkan perjalanan untuk 6 km.
Sepanjang jalan akan melalui ladang penduduk, sebuah hutan hujan tropis dan hijau rantai pegunungan yang membentang jauh. Sudut masih pemandangan yang indah dapat dilihat di kawasan Rimbo Pengadang, air mata air panas ini memiliki beberapa kolam yang memiliki warna yang berbeda termasuk biru, merah, putih, abu-abu, kuning, coklat dan hitam.
Penasaran untuk melihat keunikan Tujuh Warna Tambak, tidak ada salahnya jika Anda makeSeven Warna Pond (Telaga Tujuh Warna) telah menjadi salah satu tujuan Anda ketika bepergian di Bengkulu.
Tujuh Warna Kolam dapat diambil sekitar 35 km dari kota Curup arah Muara Aman, tepatnya di daerah desa Sumber Bening, Rimbo Pengadang. Dari persimpangan di Sumber Bening dilanjutkan perjalanan untuk 6 km.
11.  Wisata Air Paliak (Lebong Utara)
Sama halnya dengan Sumber air panas Air Putih, Air Paliak merupakan tempat wisata alami yang sangat menarik . akan tetapi di Air Paliak suasana pegunungannya sangat terasa karena memang terdapat di Daerah Pegunungan.

Pada dasarnya didaerah Kabupaten Lebong Propinsi Bengkulu mempunyai banyak tempat objek wisata yang masih perawan atau yang belum pernah dijamah manusia, tetapi tak semudah yang kita bayangkan untuk menemukan suatu objek wisata tersebut. Bagi anda yang ingin merasakan suatu nuasa yang fresh atau kesegaran yang beda, ingin mencoba yang baru dalam petualangan sambil menyaksikan keindahan alam. Blog ini akan menuntun anda kearah yang beda.


Disini sudah berpuluh-puluh tahun telah dikenal dengan objek wisata Air Putih, suatu aliran sungai yang jernih dengan nuansa alam yang segar dengan dibubuhi percikan air panas bumi yang tak pernah berhenti dari semburanya, membuat syaraf petualangan anda menjadi hidup dan ingin mencoba langkah demi langkah untuk menyusurinya. Karena berhadapan langsung dengan perbukitan dan habitat hewan liar yang beberapa hewan tersebut merupakan hewan langka dan dilindungi. Tetapi dengan geografis alam membuat para pengunjung akan merasa aman melintasi lekuk demi lekuk indahnya balutan ciptaan tuhan tersebut.
 Masih banyak lagi  Objek Wisata yang ada di kabepaten Lebong diantaranya :

Ø  Sumber Air Panas Desa Tes
Ø  Objek Wisata Air Terjun Tes
Ø  Sumber Air Panas Turan Lalang
Ø  Telaga Tujuh warna
Ø  Air Terjun Tik Gumaceak
Ø  Air Terjun Siapang
Ø  Air terjun Bio Baes
Ø  Air Terjun Taman Peri
Ø  Air Terjun Amen
Ø  Arum Jerang
Ø  Air Ketahun
Ø  Air Terjun Tebing Serai
Ø  Danau Blue
Ø  Sungai Ketahun


            Alangkah sayangnya potensi yang ada tidak dikelola dengan sebaik-baiknya, beribu pesona yang dapat menarik para wisatawan domestik bahkan mancanegara tidak dapat ki kelola secara maksimal oleh pemerintah dan masyarakatnya.
            Bila pariwisata di kabupaten Lebong dapat maju dan berkembang maka dapat dipastikan semua masyarakatnya akan sejahtera dan tak perlu lagi ada bantuan (RASKIN) dan kabupaten Lebong dapat lebih maju lagi daripada sekarang.


  III. PENUTUP
3.1  kesimpulan
1.      Objek wisata di kabupaten lebong harus di kembangkan dan dibangun lagi agar dapat menambah pendapatan ekonomi masyarakat.
2.      Masyarakat harus ikut serta mendukung pengembanagan objek wisata lebong ddengan demikian masyarakat akan merasakan sendiri dampak dari kemajuan pariwisatanya.
3.      Perlu adanya promosi lebih lanjut dan mengadakan even-even untuk mempromosikan wisata yang ada di lebong
4.      Seharusnya pemerintah kabupaten lebong perlu menggandeng investor untuk pengembangan objek wisata yang ada di kabupaten lebong.
5.      Banyak obyek wisata yang masih membutuhkan akses jalan yang memadai agar dapat memudahkan untuk menuju obyek wisata yang ada.

  

DAFTAR PUSTAKA
Anonim “wisata alam”, http://www.Bengkulu.info/wisata_alam.htm. di akses pada  10 november 2011.
Anonim “kabupaten lebong”, http://id.wikipedia.org/wiki/kabupaten_lebong, diakses pada 12 november 2011

0 komentar:

Posting Komentar